-->

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2007 tertanggal 18 April 2007 nama propinsi ini yang sebelumnya bernama Irian Jaya diubah menjadi Papua Barat yang terletak di bagian barat Pulau Papua dengan Ibukota Manokwari dengan memperoleh status otonomi khusus.Wilayah ini mencakup kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan disekelilingnya. Disebelah utara propinsi ini dibatasi oleh Samudra Pasifik, Bagian barat berbatasan dengan propinsi Maluku, Bagian timur dibatasi dengan Teluk Cendrawasih dan bagian selatan dibatasi dengan Laut Seram serta sebelah tenggara dibatasi oleh Propinsi Papua.

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya

Propinsi ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisatanya. Mutiara dan lumput laut banyak dihasilkan di Raja Ampat sedangkan kain tenun tradisional yang disebut Kain Timor dihasilkan dari Kabupaten Sorong Selatan. Sirup pala harum dapat diperoleh di Kabupaten Fak-fak serta beragam potensi lainnya.

Selain itu Wisata Alam Papua Barat menjadi andalan seperti Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Kepulauan Raja Ampat yang sangat menakjubkan bak surga, Taman Nasional Lorenz yang merupakan taman terluas di Asia Tenggara, Keampuhan Buah Merah sebagai pengobatan, Aneka satwa yang sangat menakjubkan seperti Burung Cendrawasih serta Teluk Triton tempatnya Hiu Paus berada.

Disamping itu baru-baru ini ditemukan sebuah gua yang diklaim sebagai gua terdalam di dunia oleh Tim Ekspedisi speologi Perancis dikawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari. Gua ini diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 2000 meter serta kawasan pegunungan Papua Barat yang masih menyimpan banyak misteri yang belum banyak terungkap.

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya

1.Raja Ampat

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.


2.Taman Nasional Lorenz

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Taman Nasional Lorenz

Taman Nasional Lorenz adalah sebuah Taman Nasional yang terletak di propinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha, Lorenz merupakan sebuah taman terbesar di Asia Tenggara.

Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya. Pada tahun 1999 Taman Nasional Lorenz diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Wilayahnya juga terdapat persediaan mineral dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif disekitar Taman Nasional ini. Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorenz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada disekitar Taman Nasional Lorenz ini.

Dari tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang melakukan pemetaan wilayah adat dan Kawasan Taman Nasional Lorenz. Tahun 2003-2006, WWF telah melakukan pemetaan Wilayah Taman Nasional Lorenz yang berada di Distrik (Kecamatan) Kurima Kabupaten Yahukimo dan pada tahun 2006-2007 pemetaan dilakukan di Distrik Sawaerma Kabupaten Asmat.


3.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.


4.Salju Abadi Di Puncak Jayawijaya

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Salju Abadi di Puncak Jayawijaya Papua Barat

Menurut teori geologi, awalnya dunia hanya memiliki sebuah benua yang bernama Pangea pada 250 juta tahun lalu. Benua Pangea pecah menjadi dua dengan membentuk benua Laurasia dan benua Eurasia. Benua Eurasia pecah kembali menjadi benua Gonwana yang di kemudian hari akan menjadi daratan Amerika Selatan, Afrika, India, dan Australia.

Pengendapan yang sangat intensif terjadi di benua Australia, ditambah terjadinya tumbukan lempeng antara lempeng Indo-Pasifik dengan Indo-Australia di dasar laut. Tumbukan lempeng ini menghasilkan busur pulau, yang juga menjadi cikal bakal dari pulau dan pegunungan di Papua. Akibat proses pengangkatan yang terus-menerus, sedimentasi dan disertai kejadian tektonik bawah laut, dalam kurun waktu jutaan tahun menghasilkan pegunungan tinggi seperti yang bisa dilihat saat ini.


5.Burung Cendrawasih

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Burung Cenderawasih Papua Barat

Cukup beralasan apabila burung cenderawasih disebut-sebut sebagai bird of paradise. Bagaimana tidak, burung yang menjadi maskot Papua ini memang memiliki keindahan dengan warna bulu yang indah. Karena kemolekan warnanya, burung cenderawasih disebut sebagai burung dari surga atau bird of paradise. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna yang lain seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau, dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.
Burung cendrawasih yang berbulu indah ini biasanya adalah pejantan. Bulu indah tersebut menjadi modal cenderawasih jantan untuk menarik perhatian betina pada musim kimpoi. Selain memamerkan keindahan bulu mereka, cenderawasih jantan bahkan melakukan gerakan-gerakan atraktif serupa tarian yang dinamis dan indah untuk merebut perhatian betina. Tiap jenis cenderawasih memiliki jenis tarian dan atraksi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Cenderawasih betina cenderung berukuran lebih kecil dengan warna bulu yang tidak seindah dan sesemarak warna cenderawasih jantan.

Warna yang dimiliki burung surga ini bermacam-macam dan menjadi salah satu indikator pengelompokan jenis mereka. Burung cendrawasih dikelompokkan dalam famili Paradisaeidae; terdiri dari 13 genus dan sekira 43 spesies (jenis). Habitat aslinya di hutan-hutan lebat yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur terutama pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur.


6.Buah Merah

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Buah Merah Papua Barat

Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua buah ini disebut Kuansu dengan nama ilmiah Pandanus Conoideus karena Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan. Dengan pohon menyerupai pandan dengan tinggi tanaman yang dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 meter yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang, walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu, Namun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional. Buah Merah sejak zaman dahulu secara turun temurun sudah dikosumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit serta dapat meningkatkan stamina.


7.Teluk Triton

Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Teluk Triton Papua Barat

Teluk ini dijuluki surga cantik untuk melihat matahari tenggelam. Pulau besar di ujung timur Indonesia menyimpan berjuta keindahan alam yang masih tersembunyi. Setelah keindahan Raja Ampat yang sudah lebih dahulu mendunia kini ada satu lagi spot keren yang bisa traveler jelajahi di pulau Papua. Teluk Triton, sebuah pantai yang berada di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat mulai dilirik keindahannya oleh pecinta traveling.

Lautan yang teduh berpadu dengan wana jingga langit membuat senja yang begitu sempurna di pantai ini. Teluk Triton memang terkenal dengan julukan surga yang cantik untuk melihat matahari tenggelam. Di tempat ini pula hidup sekitar 959 jenis ikan dan 471 jenis karang hidup di dalam lautnya yang tenang. Tidak hanya melulu soal keindahan pantai saja yang ditawarkan Teluk Triton.

Itulah beberapa Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya dan masih banyak lagi kekayaan alam lain yang terdapat di papua barat, sayangnya sumber daya yang ada belum mampu dioptimalkan oleh pemerintah kita malah kekayaan alamnya kini dikeruk habis oleh perusahaan-perusahaan asing.

Baca Juga:
Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya
Kepulauan Raja Ampat Papua Barat
Taman Nasional Lorenz Papua Barat
Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua Barat
Salju Abadi di Puncak Jaya Wijaya Papua Barat
Burung Cenderawasih Papua Barat
Buah Merah Papua Barat
Teluk Triton Papua Barat

Sumber Terbarutau

0 Response to "Kekayaan Alam Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel